Diabetes terus meningkat

By poetry - 20.32



Kalo kebetulan pasangan mengidap gejala diabetes, berikan perhatian lebih. Menurut dr Imam Subekti SpPD-KE dari Bagian Ilmu Penyakit Dalam, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, kasus diabetes meningkat dari tahun ke tahun. Kalau tahun 1983 dari survei di Jakarta didapat angka kekerapan 1,7 persen. Tahun 1993 telah menjadi 5,7 persen. Salah satu penyebabnya adalah perubahan gaya hidup.

Diabetes adalah kelainan akibat tingginya kadar gula darah, karena kurang insulin -hormon yang berfungsi mengatur kadar gula darah agar dalam jumlah normal-atau kerja insulin kurang baik. Komplikasi pada diabetes umumnya tidak bisa diperbaiki, bisa menimbulkan kecacatan, bahkan kematian.

Faktor risiko diabetes sama dengan penyakit jantung koroner. Jadi, cara pencegahannya pun sama. Faktor risiko itu adalah usia di atas 40 tahun, ada riwayat keluarga menderita diabetes, kegemukan, tekanan darah tinggi, kadar kolesterol tinggi, serta riwayat melahirkan bayi di atas 4 kg.

Oleh karena itu, untuk mengobati penderita diabetes tidak hanya dilakukan dengan menurunkan kadar gula darah. Tapi juga dilakukan dengan mengendalikan tekanan darah, kadar lemak darah, dan berat badan. Nah menjaga pasangan Anda untuk selalu menjaga pola makan dan mengurangi kadar gula darah adalah salah satu bentuk cinta Anda kepada pasangan.

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments