Kegemukan sebabkan penyakit jantung koroner

By poetry - 20.31



Memang benar cinta dan sayang itu tidak boleh bicara soal fisik semata, tubuh yang gemuk ataupun sebaliknya. Tapi ingat, karena kegemukan bisa menimbulkan penyakit, tidak ada salahnya kita saling mengingatkan antar pasangan untuk selalu menjaga kesehatan diri. Coba Anda ingatkan kepada pasangan bahwa memiliki tubuh gemuk harus lebih waspada terhadap resiko penyakit jantung koroner. Apalagi jika  memiliki tekanan darah tinggi, atau kadar kolesterol tinggi.

Untuk ukuran Indonesia, seseorang disebut kegemukan jika berat badannya dalam kg dibagi tinggi badan kuadrat dalam meter, lebih dari 27. Kegemukan yang paling berbahaya adalah penumpukan lemak di perut, yaitu jika lingkar perut pada laki-laki lebih dari 102 cm dan pada wanita lebih dari 88 cm.
           
Tekanan darah tinggi atau hipertensi meningkatkan risiko penyakit jantung koroner enam kali. Jika disertai kolesterol tinggi dan merokok, risiko melonjak jadi 16 kali.  Pengaturan makan, olahraga, serta pengendalian tekanan darah dan kadar gula darah pada diabetes sangat penting untuk mencegah penyakit jantung koroner

Pada mereka yang sudah kena penyakit jantung koroner, untuk mencegah            serangan jantung berikutnya atau komplikasi bisa dilakukan bedah pintas koroner. Atau bisa juga dengan penggunaan balon untuk melonggarkan pembuluh darah, pemberian obat penghambat beta atau pemberian aspirin dosis  rendah. Oleh karena itu mari kita jaga bobot tubuh kita dan pasangan.

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments